5 cara belajar berenang

5 cara belajar berenang

Sebagai Muslim Berenang Merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW untuk kita pelajari, selain itu ada memanah yang mana 2 hal ini berada dalam satu hadits, namun pada kali ini saya bermaksud untuk menulis tentang tata cara belajar berenang saja.

to the point aja yah saya tidak berlama2 untuk pendahuluan.

1. Trust to Water
Yang perlu dilakukan:

Rendam tubuh sebatas leher, kemudian basahi muka dengan kedua tangan berulang-ulang.
Duduk di dasar kolam, kepala tetap di atas permukaan air, kedua telapak tangan letakkan di samping kiri dan kanan paha.
Mulailah melompat dengan mempergunakan kedua kaki dirapatkan, gerakannya pendek, lakukan berulang-ulang di tempat.

Gerakan ini melatih keberanian kamu untuk masuk ke dalam air.
Pada dasarnya yg membuat kita bisa mengambang adalah kita harus percaya ke air bahwa air ga mungkin buat kita tenggelam, adapun kebanyakan kejadian orang tenggelam dikarenakan panik dan kehilangan keseimbangan, coba sekali-kali anda mencoba pasrah kan diri anda ke air maka dengan sendirinya badan anda akan mengapung.Sebaiknya kamu memulai latihanmu di dalam kolam yang nggak terlalu dangkal, karena berenang di kolam dangkal justru mengurangi tekanan air, akibatnya tubuhnmu jadi susah mengapung.

2. Belajar pernapasan.
Langkah ini penting biar kamu bisa tahan berenang lama dalam kolam renang
Latihan pernapasan sangat penting karena kamu harus bisa atur nafas dalam air. Kapan saatnya menghirup udara dan kapan saatnya menghembuskan udara. Caranya:

Ambil nafas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam.
Tahan nafas sambil hitung selama beberapa detik, usahakan bikin bubble dengan mengeluarkan nafas sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung. Hal ini perlu dilakukan supaya nggak bikin kita ngos-ngosan ketika berenang.
Keluarkan kepala dari ke luar kolam, kamu harus menarik nafas secara penuh dengan menggunakan mulut dan dengan membuka mata.
Lakukan latihan ini secara berulang-ulang sampai kamu benar-benar seperti bernafas seperti biasanya.

3. Mengapung
Seperti yang saya katakan diawal tentang teori singkat untuk mengapung yaitu trust to water, Salah satu faktor penting sebelum kamu bisa berenang, kamu harus bisa mengapung. Ikuti langkah-langkah ini:

Saling berhadapan dengan partner, condongkan badan ke depan secara perlahan-lahan, buka kedua tungkai kaki dan lengan, sehingga mengapung seperti bentuk bintang. Partnernya memberi bantuan dengan menyambut telapak tangannya bilamana mengalami kesulitan, kemudian lakukan latihan seperti itu secara sendiri-sendiri. Posisi kepala benar-benar telungkup jika ingin mengapung dengan sempurna.
Saling berhadapan dengan partner, latihan seperti tadi hanya sekarang posisi badan telentang, partnernya menahan bagian belakang kepala, jika temannya mengalami kesulitan pada saat latihan, atau pada saat sulit bangun ke posisi berdiri kembali.
Latihan diulang-ulang sampai kamu betul-betul mengusai. Posisi kepala benar-benar telentang hingga dapat melihat ke arah belakang, maka akan mengapung dengan sempurna.

4. Meluncur
Jika kamu sudah berhasil mengapung, maka lakukan gerakan meluncur agar sebagai awalan bergerak maju di air. Ikuti langkah ini:

Berdiri tegak, kedua lengan lurus ke atas dirapatkan
Bungkukkan tubuh ke depan, dada sampai mengenai permukaan air
Tolakkan salah satu kaki ke dinding tembok, meluncurlah selama mungkin, pertahankan sikap meluncur sampai berhenti dan nafas kamu habis
Ulangi latihan ini berulang kali sampai tubuhmu seimbang ketika meluncur, nggak miring ke kiri atau ke kanan

5. Gerakan
Setelah kamu mahir dalam latihan pernapasan, mengapung dan meluncur, selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah latihan gerakan berenang. Yang bisa kamu lakukan:

Tangan pegangan di dasar kolam, kemudian lakukan gerakan kaki ke atas dan ke bawah untuk gaya bebas. Usahakan cipratannya nggak terlalu banyak. Kemudian lakukan gerakan kaki membuka dan menutup untuk gaya dada.
Sandarkan badan pada dinding kolam, membungkuklah dan lakukan ayunan tangan seolah mendayung untuk gaya bebas. atau gerakan tangan membuka dan menutup untuk gaya dada.
Lakukan berulang-ulang sampai kamu benar-benar nyaman bisa melakukan gerakan ini di dalam air.

Cobalah untuk langsung berenang. Kuncinya cuma satu, jangan panik atau takut air!
ah, kalau kamu sudah bisa semua gerakan dasar berenang, ini saatnya kamu mempraktikannya!

Pertama-tama, lakukan awalan seperti gerakan meluncur, jangan lupa ambil nafas panjang.
Tolakkan kaki kamu dan meluncurlah, gerakkan kaki atau tangan secara perlahan membentuk gerakan berenang, misal gaya bebas, nggak perlu ragu, yang penting jalan.
Jangan panik saat menggerakan badan, gerakkan badan sesuai gerakan renang gaya bebas ayunkan tangan seolah mendayung dan gerakan kaki ke atas dan ke bawah agar tubuh kamu bisa bergerak maju.
Saat kamu kehabisan nafas dalam air, keluarkan kepalamu di atas permukaan air secara perlahan, lalu ambil nafas menggunakan mulut, persis seperti yang kamu lakukan pada saat belajar pernapasan.
Pada awalnya memang kamu akan kesulitan untuk mengambil nafas, kamu akan kehilangan kendali dan sedikit takut untuk memulai berenang kembali.
Jangan menyerah, lakukan terus menerus sampai kamu nyaman bergerak dalam air.

Gimana? tertarik untuk mencoba? Nggak pernah ada kata terlambat untuk belajar kok. Good luck, ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s