4 Fungsi memakai kacamata renang

4 Fungsi memakai kacamata renang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Berenang dilakukan tanpa perlu berpanas-panasan dan berkeringat, namun Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya. Berenang baik untuk kesehatan tubuh dan berenang juga dapat menurunkan berat badan. Sekalipun menyenangkan, bukan berarti Anda boleh lengah  dan tidak memperhatikan kebersihan kolam renang dan  penggunaan perlengkapan renang Anda dengan baik. Salah satu perlengkapan renang adalah kacamata renang.

http://www.areasportswear.com

Beberapa orang tak suka pakai kacamata renang karena tidak terbiasa. Jika Anda tidak membiasakan diri, kacamata renang memang awalnya terasa tidak nyaman dan mungkin menimbulkan rasa sakit di kepala dan di area sekitar mata. Akan tetapi, dengan penggunaan yang tepat, kacamata renang berguna bagi kesehatan Anda karena empat hal berikut.

  1. Mencegah iritasi dan alergi

Air di kolam renang atau di laut penuh dengan bakteri dan kuman yang tak kasat mata. Selain itu, masih banyak juga berbagai zat kimia, debu, dan kotoran yang tercampur di air. Berenang tanpa kacamata renang berisiko menyebabkan mata iritasi atau alergi karena terpapar berbagai bakteri, kuman, dan zat kimia seperti klorin di air. Akibatnya, mata pun akan jadi merah, gatal, perih, dan berair.

  1. Mencegah cedera atau kecelakaan

Kalau Anda tidak pakai kacamata renang, Anda akan lebih sulit mencermati keadaan sekitar Anda ketika menyelam. Anda mungkin masih bisa melihat samar-samar. Namun, Anda mungkin tidak melihat kalau ada daun, serpihan, puing, pecahan kaca, atau material asing yang bisa melukai mata atau tubuh Anda. Apalagi kalau Anda berenang di laut. Jika tidak hati-hati, Anda mungkin bisa tergores terumbu karang.

Di beberapa kolam renang, tidak ada pembatas yang jelas antara kolam yang dangkal dengan kolam yang dalam. Jika tidak benar-benar memerhatikan dasar kolam, Anda bisa terpeleset dan tenggelam di kolam yang dalam.

Memakai kacamata renang bisa membuat penglihatan lebih jernih dan awas terhadap keadaan sekitar. Selain itu, kacamata renang juga akan jadi penghalang benda asing supaya tidak melukai mata Anda.

  1. Kondisi medis tertentu

Orang yang memiliki mata kering, mata sensitif, gangguan penglihatan (seperti mata plus atau minus), atau baru sembuh dari penyakit mata tertentu sebaiknya selalu memakai kacamata renang. Anda bisa minta resep khusus dari dokter mata Anda dan memesan kacamata renang khusus, sesuai dengan kondisi Anda. Maka, Anda yang punya mata sensitif atau gangguan penglihatan pun tetap bisa berenang dengan aman.

  1. Meningkatkan performa

Memakai kacamata renang juga bisa meningkatkan performa Anda saat berenang. Dengan penglihatan yang jelas, Anda bisa fokus sepenuhnya pada teknik dan gaya renang. Anda juga tak perlu khawatir mata kemasukan air. Pasalnya, banyak teknik berenang khusus yang mengharuskan kepala Anda berada tepat di permukaan air. Tanpa kacamata renang, pandangan akan jadi kabur.

Sumber : https://hellosehat.com

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s