Mengenal 5 jenis bahan untuk pakaian renang

Mengenal 5 jenis bahan untuk pakaian renang

Baju renang muslim

Olahraga air memiliki keistimewaan tersendiri bagi para penggemarnya. Berenang merupakan salah satu olahraga air yang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sebagian besar sangat menyukai aktivitas ini

Bagi sobat yang masih belajar berenang atau yang sudah mahir dalam olah raga yang satu ini, tidak lepas akan kebutuhan pakaian renang.

Apa saja sih bahan dasar untuk pakaian renang? Nah, area sportswear mau berbagi pengetahuan nih, agar kamu bisa menemukan bahan swimsuit terbaik buat kamu selanjutnya. Adapun jenis jenis bahan yang dapat dibuat untuk baju renang ada beberapa macam. Yuk, langsung saja lihat di bawah ini!

  1. Lycra

Kain jenis lycra ini muncul pada tahun 1958, bahan ini dibuat sebagai pengganti bahan karet yang kemudian digunakan untuk bahan korset. Dari tahun ke tahun penggunaan bahan kain lycra semakin populer untuk industry pakaian karena bahan lycra memiliki kelebihan tahan lama dan kuat. Lycra juga memiliki kelebihan tahan terhadap deterjen, lotion dan keringat. Selain itu bahan kain jenis ini juga memiliki kemampuan untuk meregangkan beberapa kali ukuran dan kembali kembali ke bentuk aslinya. Bahan ini bersifat lembut, kedap air.

  1. Nylon

Bahan nylon ini sifatnya ringan dipakai, kuat, daya elastis tinggi, daya serap air sangat kecil dan cepat kering. Sehingga lebih mudah dalam pemeliharaannya. Bahkan dari sebagian besar baju renang yang non-polyester terbuat dari serat nylon. Ada yang 100 % nylon dan ada yang dicampur dengan lycra.

  1. Polyester

Karakteristik bahan polyster tidak seperti nylon dan lycra, bahan polyster ini juga tingkat elastisnya kurang, stretchnya juga tidak selembut lycra. Namun tingkat keawetannya tinggi bahkan dalam brand tertentu dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar ultra violet. Kelebihan bahan polyster ini adalah haga yang lebih murah dibanding bahan lainnya.

  1. Neoprene

Berasal dari monomer kloropropena, polibutadiena, dan thiokol. Sifatnya sangat lentur seperti karet, plastik atau material padat lainya. Biasanya dipergunakan untuk kegiatan diving suit dan kegiatan lain yang dilakukan diwilayah perairan. Karena Bahan ini tebal, berat dan untuk aktivitas renang sampai 1m-2m  tergantung untuk selam dikedalaman berapa.

  1. Campuran

Jenis bahan lainnya adalah bahan Poly PBT dan XLA.

  • PBT atau polybutilene Terephthalate, jenis kain baru untuk bahan pakaian renang. Bahan kain yang memiliki tingkat elastis tinggi, lebih cepat kering dan berdaya serap air rendah.
  • Serat XLA diproduksi oleh Dow Chemical, serat ini elastis dengan nama dagang Dow XLA Elastic Fiber.

Bahan ini tahan kaporit hingga 1000 jam, daya elastis tinggi, tahan panas hingga 220 derajat celcius dan cepat kering.

Dengan mengetahui jenis-jenis bahan pakaian renang, maka sahabat area akan mengetahui cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk merawat baju renang tersebut. Selain nyaman digunakan baju renang yang anda miliki juga semakin awet dan tahan lama.

share

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s